Skill Yang Perlu Dikuasai Untuk Bekal Kamu Di Dunia Perkuliahan

MahasiswaOnline.com 03 Mei 2019 1007 0 3 menit membaca (686 kata)

Bagi kamu yang akan mencicipi dunia perkuliahan, mungkin kamu punya beragam ekspektasi. Misalnya bagaimana kamu akhirnya bisa bebas menentukan pilihan sendiri, bertemu teman-teman baru, memilih mata kuliah dan organisasi sesuai minat, hangout sepulang kuliah, dan hal-hal lainnya. 

Sebagian dari kamu mungkin akan merasakan kebebasan yang lebih bebas dibandingkan saat masa sekolah sebelumnya.Semua hal itu mungkin akan sedikit bergeser dari ekspektasi saat kamu telah benar-benar terjun dalam dunia perkuliahan. Status yang meningkat menjadi siswa-yang-maha, meningkat pula tanggung jawabmu baik terhadap diri sendiri, orang tua, maupun lingkungan dan sedikit banyak akan mempengaruhi pengalaman berkuliahmu.

Berikut beberapa skill yang berharga, jika kamu menguasainya maka akan membawa dampak yang signifikan terhadap pengalamanmu di dunia perkuliahan:

Belajar bagaimana cara minta tolong 

Kuliah akan membuatmu stres, pada saat-saat tertentu kita tidak bisa tidak mengandalkan orang lain. Maka dari itu kamu harus paham betul bagaimana cara meminta bantuan orang lain. Posisikan dirimu, hormati orang yang kamu mintai bantuannya, dan jangan congkak. You ll be fine. 

Bersikap terbuka akan perubahan 

Change is inevitable. Bersikaplah terbuka, cari tahu hal-hal baru, eksplorasi, amati segala kemungkinan. Perlu diingat, perubahan tidak selalu buruk. Terkadang perubahan yang tidak kita harapkan sama sekali adalah perubahan yang membuat kita maju dan berkembang. 

Menetapkan prioritas 

Jangan biarkan riuh kebebasan perkuliahan dan gejolak masa muda membuatmu lalai. Lakukan banyak hal, tapi tetap ingat tujuan utamamu. Bila perlu jauhi segala distraksi. 

Menemukan cara belajar yang cocok 

Everyone has their own way. Beberapa orang belajar lebih baik secara visual, yang lainnya mungkin harus sambil melakukan gerakan-gerakan, beberapa lainnya lebih memilih materi audio. Ada banyak teknik belajar yang dapat dipelajari, pilihlah yang paling membuatmu nyaman. 

Membangun kebiasaan sehat 

Termasuk memilih makanan dan jajanan sehat atau memasak sendiri makananmu. Jika bisa, biasakan olahraga, kontrol konsumsi kalori, dan praktekkan mindfulness. 

Money management 

Keuangan bisa menjadi momok, apalagi saat saldo minus dan kamu tidak punya persediaan mi instan. Ada banyak tips, aplikasi, dan training untuk membantumu memanajemen keuangan. Get it done. BIG TIPS: Buying one less cup of coffee every week makes a big difference. 

Mencuci sendiri 

Hanya jika mencuci adalah tanggung jawabmu. Akhir-akhir ini self-service laundry menjadi pilihan yang populer. Perlu diingat, tidak ada yang akan mengurus pakaianmu sepeduli kamu mengurusnya sendiri. Jika bisa dilakukan sendiri, kenapa tidak? Kamu juga akan menghemat pengeluaran untuk laundry. 

Memisahkan diri dari sumber distraksi 

Batasi notifikasi sosial media di saat kamu harus fokus pada kerjaan. Kembali ke nomor 3, hindari hangout berlebihan. 

Firm handshake 

Pelajari bagaimana cara berjabat tangan yang baik dan tidak salah. Hal ini membantu first impressionmu setidaknya jadi sedikit lebih baik. 

Mengecek email secara teratur 

Teliti dalam mengecek email. Dengan membiasakannya secara teratur, kamu akan lebih mudah menyingkirkan subscription yang dirasa kurang bermanfaat dan fokus pada email-email penting. 

Menulis resume 

Belajar menulis resume adalah hal penting. Tidak hanya menulis, pastikan kamu tahu apa yang harus kamu isi. Jadi bergeraklah, percantik resume-mu. 

Menentukan jalan ninjamu sendiri 

Beberapa orang lupa akan tujuannya setelah kuliah, atau bahkan tidak tahu sama sekali. Pastikan kamu tahu kemana kamu menuju setelah memenuhi semua ekspektasi dalam dunia perkuliahan.

Cara terbaik untuk benar-benar menikmati pengalaman berkuliahmu adalah dengan meluangkan waktu untuk dirimu sendiri, menentukan hal-hal yang benar kamu butuhkan dan inginkan, serta jujur terhadap diri sendiri. Dimanapun kuliahmu dan apapun jurusanmu, perkuliahan adalah suatu proses belajar dan akan membentuk dan menguji mentalmu.

Dunia perkuliahan akan membuatmu tumbuh, tetapi kamu tidak perlu tumbuh dengan membawa kecemasan akan ekspektasimu yang membuatmu kecewa. Usaha saja, nikmati prosesnya dan skills di atas akan benar-benar membantu jika kamu menguasainya. Semoga kamu sampai pada jalan ninjamu. 


Kategori:

Posting Perkuliahan

Anda telah membaca artikel ini bersama dengan 1007 pembaca lainnya. Silakan klik jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, atau berikan opini Anda melalui kotak komentar di bawah.

Leave a Comment:

Artikel Terkait: (Lihat Semua)

  1. 8 Situs Freelance Online Untuk Mahasiswa (07/07/2018)
  2. 7 Rekomendasi Laptop Bagus Buat Kuliah, Harga Dibawah Rp5 Juta! (08/07/2018)
  3. Berikut 4 PTN Dengan Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal (14/07/2018)
  4. Skill yang Perlu Dikuasai untuk Bekal Kamu di Dunia Perkuliahan (03/05/2019)
  5. Aspek Hukum Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulai Usaha (24/05/2022)
Share Your Thought!
PENCARIAN ARTIKEL
STATISTIK

Jumlah Kunjungan

516,444 Kunjungan

Pengunjung Online

120 Online

Jumlah Artikel

5 Artikel

Jumlah Komentar

6 Komentar

EVENTS
Events Events Events
BANNER
Banner Kementerian
-->

E-Library Blog Terms of Service Privacy Policy

Copyright © 2017  MahasiswaOnline.com. All rights reserved Lovingly made in Indonesia

to top